Monday, August 28, 2017

Ketika Gus Ketikung Cinta Part 2

"Pangapunten sanget gus, saestu ngapunten sanget." kata kyai hamam.
"mboten nopo2 kok kyai, terus ingkang di sepunten nopo tho kyai," sambil mencium kedua tangan kyai hamam.
"Pandungane njih kyai " ucap gus jalal.
kyai hamam pun bertanya,
"apa panjenengan ingkang dipun wastani bagus cilik?"
"Ampun ngaten tho kyai,wong dalem niki cuma orang biasa kok...."
"gus jalal jahaaaaat,,,,!!!!"
tiba2 terdengar suara dari nabila yg penuh kesal.
"Lho kok,jahat nduk?" tanya kyai hamam.
nabila pun membalas.
"Nanda dulu pernah bertanya tentang orang tua gus jalal,jawabnya katanya orang tuanya orang biasa2 saja.saya tanya apa pernah kuliah.jawabnya SMA aja aku gak lulus kok.saya tanya apa pernah belajar ilmu agama,jawabnya gak pernah sama sekali."
Gus jalal pun mlongo, lalu dengan lemah lembutnya beliau menjawab.
"maaf njih neng. tetapi memang kenyataannya seperti itu kok.orang tua aku memang manusia biasa,bukan superman. dan aku emang gak lulus SMA,gimana mau lulus SMA tho neng,wong saya itu sekolahnya di madrosah aliyah negeri(MAN). terus aku memang gak pernah belajar ilmu agama.saya itu cuma di ajari ,ilmu fiqih,nahwu shorof,ilmu sastra dan ilmu matematika dll."
"Lho,bener kui nduk," kyai hamam pun menyela.
"Tapi lho baaah,"
jawab neng nabila lalu menoleh ke arah gus jalal.
"kenapa dari awal gak pernah bilang sama nabila,kalo jenengan niku bagus cilik putro nipun romo yai zidnan ali ? Tega bohongin aku ?
Apa aku gak pantas kenal lebih dekat dengan panjenengan ?" tanya neng nabila.
lalu, gus jalal pun menjawab
"anu,,,tapi,,,,anu neng...."
"muoh muoh muoh...pokok e gus jalal jahaaaat."
ucap neng nabila,sambil lari berhamburan meninggalkan ruang tamu dengan deraian air matanya.
"Alhamdulillahirrobbil 'alamin,alhamdulillah ya robb.slamet slamet ...slamet slamet."
terdengar suara lirih dari samping gus jalal.
dan ternyata itu adalah suara gus umam yg lagi ngelus dada.
"Kenapa gus umam? Tanya gus jalal."
"mboten kok gus,mboten nopo2 kok."
lalu gus jalalpun duduk,sambil berucap. "alhamdulillah 'ala kulli hal.alhamdulillah 'ala kulli ni'mah."
lho,kengeng nopo gus jalal?tanya gus umam tersentak kaget. dengan tersenyum gus jalal menjawab.
"ternyata neng #nabila_alfiyatuz_zahro itu cewek dari kecil gus."
(Ha ha ha kontan kyai hamam dan gus umam tertawa,hanya bu nyai maysyaroh yg masih bingung apa maksud dari kata2 gus jalal)
#Bersambung

No comments: